WISATA BUDAYA DI KOTA BANDUNG

Hallooo… Sahabat Raja Tour Bandung, tau tidak kalau di Bandung tidak hanya terkenal oleh wisata kuliner dan tempat-tempat wisata keren di Bandung saja. Bandung juga mempunyai wisata budaya yang wajib untuk kalian kunjungi nih salah satunya akan admin sajikan buat kalian sahabat Raja Tour Bandung.

 

1.Saung Angklung Udjo

Hasil gambar untuk saung angklung udjo
saung angklung udjo

Saung Angklung Udjo adalah pusat pelestarian dan pertunjukan kebudayaan tradisional yang ada di Bandung.di sini teman-teman semua dapat menonton pertunjukan kebudayaan sunda dan juga bisa mencoba bermain angklung dan menari bersama. Pertunjukan seni ditampilkan setiap hari, dari jam 15.30 sampai dengan jam 17.30. Pertunjukan tersebut tidak hanya diisi dengan permainan Angklung saja, tetapi juga diisi dengan.Demontrasi Wayang Golek (Pementasan sandiwara boneka kayu khas Sunda yang mirip badan manusia lengkap dengan kostumnya. Setiap pementasan wayang golek selalu ada pesan moralnya.),Helaran(upacara tradisional untuk mengucapkan rasa syukur dan biasa di mainkan pada saat khitanan dan panen padi) Tari topeng (tarian tradisional yang berasal dari Cirebon yang di tarikan oleh seorang wanita),Angklung orchestra(Angklung tidak hanya dipakai untuk mengiringi lagu Sunda saja. Di angklung orkestra ini, akan dimainkan berbagai jenis lagu, mulai dari balonku, twinkle-twinkle little star, sampai dengan lagu-lagu daerah dan lagu-lagu pop),Bermain Angklung Bersama(Penonton juga diberi kesempatan untuk bermain angklung. Anak-anak bimbingan Saung Angklung Udjo akan meminjamkan angklung dengan berbagai nomor. Dengan bimbingan dan instruksi dari Saung Angklung Udjo),Menari Bersama (Di akhir acara, anak-anak yang bergabung dengan Saung Angklung Udjo akan mengajak penonton untuk menari dan bernyanyi bersama.)

 

2.Kampung Seni Budaya Jelekong

Hasil gambar untuk Kampung Seni Budaya Jelekong bandung
Kampung Seni Budaya Jelekong bandung

Kampung Seni Budaya Jelekong adalah tempat dimana para ahli lukis di lahirkan dan di sini teman-teman semua dapat melihat lukisan yang begitu luar biasa kerenya dan juga teman-teman semua juga  bisa membeli salah satu dari lukisan tersebut  contohnya satu lukisan diatas kanvas 135cm cm x 40cm dihargai mulai dari Rp.150.000,00. Selain seni lukis, ternyata Jelekong juga merupakan tempat wayang golek dikembangkan, tepatnya di Giriharja sejak tahun 1920.wayang golek yang sangat terkenal dijawab barat yang didirikan oleh Dalang Abah Sunarya (Alm.) dan telah menghasilkan empat generasi seniman. Wah keren sekalii bukan, wisata seni budaya lengkap tanpa harus merogoh kocek dalam, nih!

 

3.Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Hasil gambar untuk Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok yang berlokasi di Jl. Dago Pojok, Kecamatan Coblong, Bandung ini benar-benar layak dapat predikat wisata kreatif lho, Di sana,teman-teman semua bisa mempelajari Tari Jaipong, kesenian Calung, proses pembuatan wayang, pembuatan alat musik bambu, pembuatan kertas tradisional dari pohon Saeh, atraksi pencak silat, serta keterampilan lainnya.tak hanya itu teman teman semua juga bisa menjumpai banyak kesenian yang telah lama ditinggalkan masyarakat modern masa kini. Untuk yang rindu dengan permainan tradisional jaman dulu, jangan khawatir, tempat ini juga akan membawa teman teman semua  kembali ke masa kecil, lho. Hati senang, dompet tenang! Hihihi

 

4.Gedung Kesenian Rumentang Siang

Hasil gambar untuk gedung kesenian rumentang siang bandung

Rumentang siang sebenarnya adalah gedung kesenian yang sering digunakan untuk berbagai aktivitas seni di kota Bandung.salah satu kesenian yang sering di tampilkan di gedung ini yaitu teater atau drama musical tentang sejarah,dan lainnya yang mempunyai banyak pelajaran dan nilai nilai moralnya lho,ada juga banyak tarian tradisional yang tampil di gedung ini.

 

5.Taman Budaya Dago (Dago Tea House)

Hasil gambar untuk Taman Budaya Dago (Dago Tea House)

Berawal dari kebiasaan orang Belanda zaman dulu meminum teh di waktu tertentu, tempat ini kemudian diberi nama Dago Tea House, hingga akhirnya pada tahun 1970 tempat ini disulap menjadi pusat kebudayaan dan kesenian Jawa Barat. Situs budaya yang berlokasi di Bukit Dago Selatan no. 53 A ini memiliki banyak fasilitas seni yang tak banyak dimiliki tempat lain, lho! Di antaranya gedung teater terbuka, teater taman, galeri pameran, sanggar tari, etalase cinderamata, hingga kafetaria. Bukan hanya sebagai tempat wisata, tempat ini juga dibuka untuk umum sebagai tempat pagelaran seni dengan fasilitas yang mumpuni.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *