PENEMUAN BAKSO UNIK VERSI RTB

Hai hai sahabat RTB pastinya kalian tak asing dengan makanan yang satu ini, yaps bakso! Bakso merupakan menu yang sangat disukai banyak orang baik anak-anak, remaja, maupun orang tua, termasuk bakso yang ada di Bandung. Kota Bandung memang begitu terkenal dengan beberapa menu baksonya. Selain nikmat, bakso di Bandung terbilang lebih kreatif, unik, dan tentunya terjangkau untuk kalangan masyarakat dibanding daerah lain, baik bentuk, penyajian, maupun rasa. Tidak heran jika Kota Bandung menjadi salah satu pusat yang paling diburu karena baksonya nikmat.

Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan menu bakso dalam daftar buruan kuliner Bandung. Dari sekian banyaknya bakso di Bandung yang memiliki banyak cita rasa istimewa, namun ada beberapa bakso di Bandung yang memang sangat terkenal dan sering diburu wisatawan dari luar kota Bandung maupun warga Bandung sendiri. Berikut ini beberapa bakso unik yang kami temukan dan sayang banget di lewatkan saat datang ke Bandung.

  1. Bakso Barbel

Hahayyy..ternyata bakso barbel tuh deket rumahnya mimin di Terusan Jalan Jakarta. Kesampean juga nyoba bakso unik ini. Namanya bakso barbel ya baksonya bentuknya barbel. Ga cuma itu, dari mangkok, sendok, garpu, meja, kursi, tempat bumbu bahkan sampe meja kasir semua bentuknya barbel!
Berbeda dengan bakso lain, bakso ini memiliki ciri khas tersendiri. Namanya Bakso Barbel, Hah? Ga salah tuh? Jika mendengar nama Bakso Barbel mungkin anda akan tertuju pada makan dan olahraga. Memang tidak salah karena keduanya mempunyai hubungan yang erat. Bakso barbel ini merupakan bakso yang seperti pada umumnya namun di lengkapi dengan bakso yang berbentuk menyerupai barbel.

Bakso Barbel ini merupakan buah ide kreatif dari seorang penyai sekaligus pelawak yang berotot kekar bernama Agung Hecules. Ternyata selain menjadi seorang selebriti ia memiliki usaha lain di bidang kuliner. Selain itu bakso ini diklain sebagai bakso paling sehat dari bakso lain, Why? Because bin karena proses memasaknya tidak direbus. Menurutnya jika direbus kandungan gizi dalam bakso tersebut akan terbuang. Sehingga kesehatannya tetap terjamin.

Rumah makan Bakso Barbel yang terletak di Jl Terusan Jakarta No. 234/Kavling 22 Puri Dago, Antapani Bandung ini memiliki keunikan lagi, selain baksonya yang berbentuk barbel berbagai aksesoris seperti mangkok,sendok,garfu, tempat tisu, bahkan meja sekalipun berbentuk barbel. Jadi jangan kaget ketika masuk kerumah makan tersebut.

Pengambilan bentuk barbel ciri khas dari Bakso Barbel ini tidak lain ternyata dari trademark “ Tidak Goyang Barbel Melayang” ketika dia bernyanyi, dengan alasan itulah ia mendirikan rumah makan Bakso Barbel. Harganya pun cukup terjangkau dari mulai harga Rp 2.000,00 hingga Rp 20.000,00 anda bisa mencicipi bakso tersebut, jadi tunggu apa lagi untuk mampir mencici Bakso Barbel dan Jadilah seorang binaraga. hehehe

  1. Bakso Istigfar

A5ORgThCUAAp2px

Bandung memang surganyan makanan favorit bagi pecinta mie bakso. Dengan begitu banyak usaha-usaha mulai dari PKL hingga restoran-restoran tingkat atas menjajakan usaha bakso. Kompetisis diantara pedagang kian tajam yang telah mendorong beberapa orang untuk memikirkan cara-cara baru bagaimana menrik pelanggan dan menjaga supaya bisnisnya tetap berjalan.

Salah satunya pedagang asal solo jawa tengah joko. Bakso pak joko ini telah memiliki ciri khas membuat ukuran baksonya sangat besar berdiameter 15 cm. Bisa dibilang ukurannya kira-kira seukuran dengan kepala bayi yang terbuat dari 1 kg daging sapi, bakso ini di beri nama bakso istigfar.

“awal mula diberi nama bakso istigfar karena setiap kali orang melihat bakso tersebut selalau mengatakan ‘Astagfirullah’ ” kata iwan sambil tersenyum, salah satu karyawan di toko Bakso pa joko.

Bakso istigfar sendiri mulai dijual pada tahun 2000. Idenya muncul untuk meningkatkan penjualan dan memberikan ciri khas pada bakso mereka, bahkan mereka menawarkan bakso gratis bagi pelanggan tetap dalam jangka waktu tertentu.

Bakso istigfar yang berada di jl. Sukawana belakang trade center bandung ini memang  terkenal dengan bakso super juper jumbonya, tapi tidak hanya itu mereka juga selalu mengutamakan keaslian bahan dan kebersihan restorannya. Karena memang bakso yang mereka buat menggunakan daging sapi asli tanpa bahan pengawet, bahakan mereka menantang pelanggan jika ada salah satu pelanggan yang sangsi dengan baksonya dan berkata “anda bisa mengujinya ke laboratorium” ujarnya.

Jadi jika anda mau dan penasaran dateng aja kesana, selamat mencoba …

Created by: